Selasa, 24 Mei 2011

Saatnya Tentukan Arah!


Asa bucat bisul!

Itulah istilah yang biasa dipake sama orang-orang sunda yang baru saja menyelesaikan satu masalah. Dan biasanya masalah itu adalah masalah yang cukup atau mungkin paling besar.  Istilah sunda itu emang lagi dialami sama kakak-kakak kelas XII yang baru aja beres  menghadapi musuh terbesarnya yaitu, Ujian Nasional.


"harap tenang, sedang ujian" 

do'a juga perlu untuk melancarkan UN :)


Ujian Nasional memang selalu jadi masalah yang  selalu menjadi pikiran anak-anak kelas XII dari tahun ke tahun. Kenapa? Banyak yang beralasan gini: “percuma dong kita udah belajar betahun-tahun tapi cuma ditentuin dengan 4 hari doang”. Sekilas emang bener sih, kita ngerti kalo perjuangan yang udah cape dibangun selama 3 tahun, ngga asik banget kalo harus gagal gara-gara UN yang cuma 4 hari itu.  tapi tunggu dulu guys!  UN tahun ini ternyata beda banget sama UN tahun-tahun kemaren. Karena tahun ini syarat kelulusan siswa bukan cuma ditentukan sama nilai UN doang, tapi dibagi dengan nilai raport. Nilai UN berpengaruh 60%  dan yang  40% dari nilai raport.  Jadi seandainya ada siswa/i  yang dapet Nilai UN-nya jelek, dia bakal tertolong sama nilai raport, tapi itu juga kalo nilai raportnya bagus. Maka dari itu, banyak kakak-kakak kelas kita yang pada ikutan bimbingan belajar, belajar tambahan, atau bahkan belajar privat, itu semua mereka jalanin hanya untuk satu keinginan yaitu, berhasil mengerjakan soal-soal Ujian Nasional dan Lulus dengan nilai memuaskan! Yeaahh.
Pelaksanaan ujian nasional yang dilaksanakan tanggal 18-21 april pun berjalan dengan cukup lancar dan gak terlihat ada masalah.  4 hari yang menegangkan itu ternyata bisa dilewati dengan lancar oleh kakak-kakak kelas XII. “Ujian tadi masih kerasa tegang, soalnya takut ga lulus euy” begitulah komentar dari Teh Regi kelas XII IS 1. Kata teh Regi, Ujian Nasional tahun ini dinilai cukup sulit  terutama dari segi soal. “Kalo tahun kemaren paketnya cuma 2, kalo sekarang mah jadi 5 paket. Dijamin pusing we buat yang suka luak-lieuk mah” Teh Regi menambahkan. Wah wah wah, dijamin pusing geura sok. 5 paket bukan jumlah yang sedikit, apalagi buat yang biasa niron alias nyontek. Tapi alhamdulilah, hari yang menegangkan itu udah terlewat dan ternyata udah tinggal menunggu hasil dan juga menentukan mau kemana setelah lulus nanti.

Teh Regi (XII IS 1)




Mau Kemana Setelah Lulus?                                                             

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering ditujukan kepada siswa/i kelas XII. Mau diterusin kemana? Mau kerja atau kuliah? Atau mungkin bingung?
Jangan bingung! Sekarang saatnya kita tentukan arah!
Setelah mendaki gunung lewati lembah bertanya kesana kemari mulai dari bertanya ke orang pintar, orang aring bahkan sampai orang utan, setidaknya ada 5 jalan menuju Roma. eh, maksudnya 5 jalan yang akan ditempuh oleh kita selaku siswa setelah kita lulus UN (meureun eta ge..hha)
Nah, cekidot !!!  :


1. Kuliah                                                                                                                                                        
Jalan pertama yang bisa dipilih adalah Kuliah. Dimana aja boleh, yang penting inget, kuliah itu kita mencari ilmu ya bukan mencari pacar. Kuliah ini adalah jenjang pendidikan selanjutnya setelah kita sekolah SD, SMP, dan SMA. Kuliah tidak menjadi wajib, tapi sangat sangat sangat disarankan karena dengan kuliah kita akan menambah ilmu, menambah skill kemampuan, menambah wawasan, menambah teman, dan tentu saja menambah rasa percaya diri..budak kuliahan gitu loh..hha

2. Kursus Keterampilan                                                                                                                                    
Jalan kedua yang bisa dipiilih bila kita tidak ada rejeki untuk kuliah adalah kursus keterampilan. Dengan kursus keterampilan ini kita bisa menambah skill dan wawasan pada bidang yang kita inginkan. Kursus Keterampilan ini sangat sangat lah berguna bagi kita ketika kita akan mulai bekerja. So, gak perlu ragu dan malu untuk mulai Kursus Keterampilan. Apapun bidangnya..yang penting menunjang...daripada cicing :D

3. bekerja                                                                                                                                                      
Jalan ketiga adalah bekerja. Yap, bekerja disini maksudnya menjadi tenaga kerja yang tidak menjalani kursus keterampilan. Walaupun kerjanya bisa dikatakan kurang mapan. Tapi ini lebih baik. Dan bakal membuat kita belajar untuk bertanggung jawab.

4. nganggur                                                                                                                                                    
Yaahh, seharusnya gak  perlu sih kita nganggur. Tapi yang namanya realita siapa yang tahu. Kalo kita ditakdirkan untuk nganggur, usahain jangan sampe nganggur keterusan. Minimal setahun lah, selama jadi pengangguran usahakan untuk selalu belajar, belajar, dan belajar. Tanamkan dalam diri, Saya tidak akan jadi pengangguran selamanya!

5. nikah                                                                                                                                                                     
Nah ini nih yang seharusnya dijauhkan dulu, soalnya memikul sebuah tanggun jawab itu ga mudah. Apalagi kalo kita ga punya pekerjaan. Pasti bakal riweuh lah. Pasti banyak pikiran, belum lagi beban moral juga mau gak mau harus di tanggung. Pokoknya bakal ribet lah. Jadi sebaiknya kita jangan dulu nikah sebelum mapan. Karena nikah bakal menjadi beban kalo kita belum siap.

Yap, itulah beberapa option yang bakal kakak-kakak jalani setelah lulus nanti. Pastinya kalian bakal milih option yang pertama kan? Selain mendapat pendidikan lagi, kita pasti di beri jalan untuk menggapai cita-cita. Dan inget, jangan sampe salah milih jurusan! Tentukan dari sekarang, dan semoga aja UN tahun ini semua siswa/i SMAN Tanjungsari bisa  sukses dengan nilai yang memuaskan! Amin (just!team) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar