Jumat, 15 November 2013

Meningkatkan IQ



IQ menjadi meningkat adalah impian semua orang, benarkan? IAda beberapa tips untuk meningkatkan IQ kita. Check it out!
1. Tarik Nafas Dalam-dalam
Dengan bernafas melalui hidung, bisa meningkatkan fungsi otak dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah, dan tentunya pada otak. Tingkat oksigen rendah pada darah akan mengurangi fungsi otak. Jika berminat, kita bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan.
2. Buatlah Jurnal
Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.
3. Belajarlah Sebanyak Mungkin
Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.
4. Belajarlah Membaca Cepat
Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.
Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan cara untuk menggerakkan mata dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang dibaca, Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan kita untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar ketika membaca. Pada dasarnya, Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar kita dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat kita dan memahami materi.
5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala
Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang kita pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar akan bertahan lebih lama dalam ingatan. Kita bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer yang mengingatkan kita untuk beristirahat.
Sekian. Semoga bermanfaat :))))



Oleh: Dessy Febrirantia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar