Sabtu, 09 November 2013

Tips Biar Hari-harimu Makin Produktif!


Assalamu’alaikum Wr. Wb
      

       Belum mengerjakan pr? Belum cuci piring? Belum ngerjain tugas ekskul? Hasil ulangan banyak yang diremedial?! Oh.. Tidak! Bisa gawat nih kalau kerjaan makin numpuk. Mau tau cara menyelesaikannya? Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips untuk meringankan semua masalah yang dihadapi oleh kawan-kawan. Simak baik-baik ya…

1). Solusi untuk menyelesaikan pr / tugas
-Usahakan tiap pulang sekolah langsung mengerjakan pr yang baru saja diberikan waktu disekolah.
Tapi, hari ini aku baru pulang dari ekskul. Capek, ngantuk, dan lapar membuatku malas mengerjakan tugas. Jika sudah begini, tidurlah dulu selama 2 jam, setelah itu kerjakan tugas-tugas mu. Karena jika kita tidak istirahat kesehatan kita akan terganggu, oleh karena itu jangan mengikuti ekstrakulikuler terlalu banyak. Minimal 1 ekskul dan maksimal 3 ekskul. Dengan begini, semua kegiatan yang kita lakukan selama seminggu tidak akan membuat kita tepar, alhasil kita dapat mengerjakan tugas dengan lancar.
-Jika tidak ada pr, usahakan mengisi soal-soal di LKS (Lembar Kerja Siswa) atau di buku paket.
Aku malas membuka buku, apalagi mengisi soal… Mending main PS. Hey, come on! Kita anak SMA, bukan anak SD/SMP lagi. Berpikirlah secara dewasa, cita-cita yang ingin kita raih yaitu dengan cara bekerja keras, masa membaca saja tidak mau.. Akan tetapi, jika rasa malas sudah merajalela paksakanlah dirimu untuk membaca dan mengisi soal dan berdo’alah kepada-Nya biar rasa malasmu dibuang jauh-jauh.
-Membuat rangkuman dari materi yang sudah dipelajari.
Singkat, males nulis! Kalau ini sih saya sendiri juga jarang melakukannya, kecuali kalau disuruh. Menurut saya, disini juga butuh tekad yang bulat untuk bisa memaksakan diri, dan lama-kelamaan kita akan terbiasa melakukannya. Pada Akhirnya pun kita akan dicap sebagai anak yang rajin.

2). Solusi untuk membantu pekerjaan Orang tua
-Siapa yang mau diomelin sama Ortu? Oleh karena itu kita harus rajin membantu meringankan pekerjaan Ortu selain mengerjakan tugas dari sekolah. Kita lakukan dari hal-hal yang kecil dulu seperti menyapu dan membereskan tempat tidur, setelah itu kita lakukan lebih seperti mencuci seragam sendiri, mencuci piring, menyikat kamar mandi, dll.
Duhh.. Aku capek, habis ekskul karate (misalnya). Seperti yang diatas, istirahat dulu selama 2 jam. Yang penting kegiatan kita menyenangkan Ortu.
-Kalau kamu ingin mengerjakan tugas kelompok di rumah teman yang rumahnya jauh dari rumah kamu, kamu harus lapor ke Ortu lewat SMS.

3). Solusi untuk menyelesaikan hasil ulangan yang diremedial
-Baca kembali semua materi yang diulangankan.
Males banget.. Paksakan dirimu! Yang penting kita sudah berusaha, insyaallah nilai hasil remednya gede.

            4). Solusi untuk  menyelesaikan tugas ekstrakulikuler
-Biasanya tugas ekskul tidak akan terasa berat jika kita mempunyai niat.
-Tugas ekskul numpuk?
Hadooohh… tugas ekskul terlalu banyak, bikin pusing! Makanya kalau ingin mengikuti ekstrakulikuler jangan terlalu banyak, minimal 1 dan maksimal 3. Kalau sudah terlanjur ikut 5 ekstrakulikuler misalnya, usahakan untuk bisa keluar dari salah satu yang tidak terlalu berminat/sesuai dengan bakat, kalau bisa keluar dari 2 ekskul. Kalau ikut 5 ekskul kaya gini… Tujuannya pasti mau cari popularitas/pengen eksis doang. Tapi kalau memang semuanya sesuai minat dan bakat yah.. Mau bagaimana lagi? Daripada tugas/pr terganggu lebih baik keluar.

Sekian informasi dari saya, informasi ini jauh dari bagus apalagi ke sempurna, saran dan kritik sangat saya butuhkan :) Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.
Wassalam Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar