Rabu, 06 November 2013

Minggu Materi Just! ke-3 ( Desain Grafis)

Hari : Rabu
Tanggal : 18 September 2013
Pemateri : Ditta Amelia Saraswati
Jumlah  Peserta (kelas X) : 23
Tempat : SMAN Tanjungsari








Desain adalah proses membuat karya baru dari sebuah rancangan. Sedangkan Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual menggunakan teks, gambar atau keduanya untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi secara efektif. Sebuah kreatifitas sangat berpengaruh dalam membuat desain.

Kreatifitas dalam desain mencakup 3 hal yaitu :

1.     Ide/gagasan : Sebuah rancangan yang tersusun di dalam pikiran, ini merupakan sesuatu yang penting dalam membuat desain.
2.       Proses : Merupakan rangkaian pembuatan desain.
3.     Hasil : Dari karya yang dihasilkan tersebut diharapkan pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah desain dapat diterima dengan baik.

Contoh aplikasi untuk membuat sebuah desain grafis :

1.    Corel Draw X4 : Merupakan software desain grafis yang digunakan untuk membuat desain.
Cara menyatukan dua objek dalam CorelDraw X4 yaitu Block atau tekan "SHIFT" bersamaan dengan mengklik objek yang ingin digabungkan lalu pada property bar terdapat tool "Weld", klik dan lihat apa yang akan terjadi pada objek yang akan kita kombinasikan.

2.    Adobe Illustrator :  Merupakan Software desain grafis yang digunakan untuk membuat gambar vektor pada ukuran tertentu. Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.

3.     Adobe Photoshop : Ini adalah aplikasi yang sering digunakan dalam pembuatan desain dan editing.



sumber : http://shintadra.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar